Inovasi Dukcapil Dompu

Modul Inovasi Pelayanan

Inovasi "Lacak Mantan" Layanan Cepat dan Khusus Masyarakat Rentan Adminduk

Layanan Cepat dan Khusus bagi Masyarakat Rentan Adminduk atau Lacak Mantan ini adalah salah satu program inovasi unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu. Program inovasi ini memfokuskan kepada pemberian layanan yang cepat dan dikhususkan kepada masyarakat rentan adminduk seperti penyandang disabilitas, Orang dengan Gangguan Jiwa, dan atau Warga Lanjut Usia. Program ini dilatarbelakangi oleh sulitnya masyarakat rentan adminduk untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukannya karena keterbatasan masyarakat untuk mengakses pelayanan Dinas Dukcapil Dompu. 

Inovasi "Oi Marai" - Layanan Online Dokumen Kependudukan Tanpa Antri

Layanan online ini merupakan layanan pengurusan adminsitrasi kependudukan berbasis website aplikasi dimana masyarakat dapat mengurus administrasi kependudukannya melalui internet di Handphone ataupun di komputer dan laptop. Masyarakat dapat melakukan pengurusan administrasi kependudukan dari rumah, kantor, atau darimana saja tanpa harus datang dan mengantri ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu. Dengan hadirnya program ini, masyarakat diharapkan dapat mengurus dokumen adminduknya tanpa terbatas jarak dan waktu, sehingga tidak perlu mengantri dan mendapatkan proses yang lancar seperti air yang mengalir (Oi Marai).

Inovasi "Kasama Rai" Kerjasama Percepatan Dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak

Program inovasi Kasama Rai adalah program Kerjasama Percepatan Dokumen Akta Kelahiran dan KIA yang bertujuan meningkatkan pelayanan terhadap dokumen kependudukan berupa Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) dimana kedua dokumen ini masih memiliki capaian yang rendah secara nasional. Kerjasama ini dilakukan dengan Dinas Dikpora Kabupaten Dompu selaku OPD yang bertanggungjawab dan berwenang melaksanakan urusan pemerintah di bidang pendidikan.

Inovasi "Jebol Lagi" - Jemput Bola Layanan Gisa (Gerakan Sadar Adminduk)

Jarak yang jauh serta harus mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi menuju Dinas Dukcapil Dompu membuat sebagian masyarakat memilih untuk tidak mengurus dokumen administrasi kependudukannya . Program Jebol Lagi atau Jemput Bola Layanan GISA (Gerakan Sadar Adminduk) merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. Program Jebol Lagi hadir di tengah-tengah masyarakat dengan sistem jemput bola atau secara langsung mendatangi masyarakat di desa-desa, sekolah-sekolah, ataupun lembaga yang ada di Kabupaten Dompu.

Inovasi "Rela Dicek Malam" Rekam Langsung Dicetak Malam

Program inovasi RELA DICEK MALAM adalah salah satu inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu dalam rangka memenuhi target rekam data bagi Wajib KTP Pemula. Inovasi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang enggan atau tidak mau antri untuk datang langsung ke Dukcapil dalam rangka membuat KTP baru. Tim inovasimenetapkan titik lokasi yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat khususnya pemuda-pemudi yang telah berusia 17 tahun atau lebih. Pelayanan Perekaman dan Pencetakan KTP-EL ini dilakukan malam hari di luar jam pelayanan kantor dan berada di lokasi keramaian, salah satunya adalah di Taman Kota Dompu.

Inovasi "Gebyar Idaman" Gerakan Bersama Pelayanan Adminduk dan Penerbitan Identitas Anak Lima Sasaran

Inovasi Gebyar Idaman adalah salah satu program inovasi unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu yang terbaru. Program inovasi ini memfokuskan kepada pemberian layanan penerbitan identitas kepada kelompok anak lima sasaran dalan Rencana AKsi HAM, yaitu Anak Panti Asuhan/Sosial, Anak dengan Penyakit tertentu (HIV/AIDS), Anak Berhadapan Hukum, Anak Luar Kawin, dan Anak Penghayat Kepercayaan, Minoritas Agama, dan Kelompok Masyarakat Adat. Program ini dilatarbelakangi oleh masih sulit dan terbatasnya anak dalam lima kelompok sasaran untuk melakukan pengurusan administrasi kependudukannya.

Inovasi "Dukcapil Goes to School" - Pelayanan Mobile Dukcapil ke Sekolah

Dalam rangka melakukan pemenuhan hak anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Dompu menciptakan sebuah gerakan yang berfokus pada upaya untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi pada semua tingkat pendidikan tentang pentingnya setiap anak memiliki administrasi kependudukan. Dukcapil Goes to School merupakan program inovasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran bagi siswa-siswi sekolah di semua tingkatan untuk memiliki kartu identitas diri. Identitas diri yang dimaksud adalah berupa KIA (Kartu Identitas Anak), KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan Akta Kelahiran. Kartu Identitas Anak dapat dimiliki oleh anak berusia 0 – <17 tahun sementara bagi siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun keatas dapat memiliki KTP sebagai identitas diri. Selain memberikan edukasi, program inovasi ini dilanjutkan dengan melakukan perekaman dan pencetakan KTP-EL bagi siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun.

Inovasi "ADA DATA" - Arsip Digital Data Dokumen Administrasi Kependudukan

Program Ada Data merupakan salah satu program inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu yang bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mencari kembali arsip dokumen kependudukan yang pernah dijadikan bahan untuk kepengurusan dokumen adminsitrasi kependudukan sebelumnya. Ada Data merupakan program Arsip Digital Data Dokumen Administrasi Kependudukan yang telah dilakukan sejak 2021 yang lalu

Inovasi "Go To Lakei" - Pergi Pelayanan Keliling

Go To Lakei atau disebut juga Pergi Pelayanan Keliling merupakan salah satu inovasi Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu dimana Tim Dukcapil Dompu melakukan pelayanan keliling berupa sosialisasi administrasi kependudukan di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu. Program ini telah dilaksanakan semenjak tahun 2021 lalu dan di dalam pelayanan ini melibatkan empat bidang yang ada di Dinas Dukcapil Dompu, yaitu bidang pendaftaran penduduk (Dafduk), bidang pencatatan sipil (Capil), bidang pengelolaan informasi dan administrasi kependudukan (PIAK), serta bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan (PDIP).

Inovasi "Gadis Samakai" - Gerakan Anak Didik dan Siswa Sadar Memiliki Kartu Identitas

Inovasi “Gadis Samakai” atau  Gerakan Anak Didik dan Siswa Sadar Memiliki Kartu Identitas adalah inovasi yang dilakukan dengan mendatangi Lembaga Pendidikan mulai dari TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN dan Pesantren dengan memberikan Sosialisasi serta Pelayanan Mobile untuk Perekaman KTP-el, Penerbitan Akta Kelahiran, dan Penerbitan KIA semenjak Tahun 2019.

Inovasi "Kado Biru" - Kepemilikan Dokumen Kependudukan Bagi Pengantin Baru

Kado Biru atau Kepemilikan Dokumen Kependudukan Bagi Pengantin Baru adalah salah satu inovasi Dinas Dukcapil Dompu yang bekerjasama dengan Pihak Kementerian Agama dan KUA Kabupaten Dompu untuk menerbitkan 5 (lima) dokumen kependudukan bagi Pengantin Baru yaitu Kartu Keluarga Orang Tua, Kartu Keluarga Mertua, Kartu Keluarga Pasangan SUami-Istri, dn 2 Pasang KTP untuk Pengantin Baru.

Inovasi "SABATIK" - Satu Bahan Dapat Tiga Dokumen

Satu Bahan Dapat Tiga Dokumen merupakan salah satu Inovasi DInas Dukcapil Dompu dimana pelayanan terintegrasi dengan melengkapi satu berkas persyaratanan, maka pemohon bisa mendapatkan tiga dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA). Layanan ini juga disebut Pelayanan Dokumen 3 in 1 (Anak Baru Lahir).

Inovasi "Rinduku Berkobar" - Pelayanan Restorasi Dokumen Kependudukan Bagi Warga Korban Bencana (Banjir, Tanah Longsor, dan Kebakaran)

Rinduku Berkobar adalah salah satu inovasi Dinas Dukcapil Dompu yaitu Pelayanan Restorasi Dokumen Kependudukan Bagi Warga Korban Bencana (Banjir, Tanah Longsor, dan Kebakaran) dengan memberikan pelayanan langsung pada masyarakat yang kehilangan atau rusak dokumen kependudukan akibat bencana banjir, tanah longsor, maupun kebakaran sejak tahun 2020.